Cara Memutihkan Cat Mobil Yang Menguning

Cara Memutihkan Cat Mobil Yang Menguning

Cara Memutihkan Cat Mobil Yang Menguning – Debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil jika tidak segera dibersihkan, lalu terpapar oleh sinar matahari biasanya akan mengakibatkan oksidasi yang akan merusak lapisan clear coat pada body mobil, sehingga warna mobil menjadi kusam dan menguning.

Pada body mobil yang berwarna putih, lapisan clear coat yang teroksidasi biasanya akan makin terlihat jelas karena mengalami perubahan warna menjadi kekuningan untuk mobil berwarna putih yang menguning, berikut ini tips cara memutihkannya kembali yang akan diulas di Dons Indonesia.

3 Cara Memutihkan Cat Mobil Yang Menguning Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan seperti semula mobil putih yang Cat nya telah menguning, caranya sangatlah mudah simak terus dibawah ini.

  • Cuci mobil terlebih dahulu

Pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci mobil Anda agar debu dan kotoran hilang. Untuk mengerjakannya, Anda bisa gunakan shampo khusus agar kotoran yang menempel pada body mobil dapat terangkat. Jangan lupa juga untuk memilih shampo yang memiliki tingkat pH balance, yaitu untuk meminimalisir terjadinya goresan dan warna kusam akibat shampo.

Lalu perhatikan juga waktu yang tepat ketika sedang mencuci mobil Anda. Nah, Untuk menghindari kerusakan pada cat mobil adabaiknya mencuci mobil dilakukan sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore untuk menghindari sinar matahari langsung.

Sinar matahari yang terkena langsung ke cat body mobil dapat membuat sisa air cucian yang mengandung busa sabun cepat mengering sehingga menimbulkan kerak pada cat mobil Anda.

  • Gunakan clay bar agar menyerap kotoran dengan cepat

Clay bar merupakan bahan yang fleksibel layaknya karet yang berbentuk kotak dan berfungsi untuk mengangkat noda yang menempel pada body mobil. Tetapi, clay bar ini tidak boleh jatuh ketanah, karena dikhawatirkan ada pasir atau kerikil yang menempel sehingga akan menimbulkan goresan pada cat mobil.

Cara menggunakannya cukup mudah. Keluarkan clay bar dan plastiknya, lalu Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian agar ukurannya tidak terlalu besar. Setelah itu, bentuk clay menjadi pipih.

Selanjutnya, Anda perlu menggunakan clay yang sudah berbentuk pipih tersebut pada body mobil yang sudah dibasahi. Usapkan secara merata dan lebih baik secara vertikal. Setelah diusapkan. Clay akan berubah warna menjadi warna hitam, cokelat atau abu-abu sesuai dengan kotoran yang diserapnya.

  • Poles dan waxing

Tahap berikutnya adalah poles mobil Anda menggunakan untuk menghilangkan warna kusam yang melekat pada body mobil. Namun, dengan menggunakan cara memoles ini terdapat satu kekurangan, yaitu memoles mobil dapat membuat cat menjadi tipis karena terkikis oleh polesan tersebut. Jadi, jangan terlalu sering memoles mobil jika memang tidak dibutuhkan untuk melakukan poles.

Lebih baik Anda menggunakan wax untuk merawat dan memberikan perlindungan pada cat mobil Anda, caranya sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan spon khusus untuk membalurkan wax ke bagian yang diinginkan.

Lalu, gosokan wax tersebut dengan cara memutar, vertikal, atau horizontal sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, pada salon mobil profesional, mereka akan menggunakan mesin yang bergerak memutar untuk menggosokan wax kepada body mobil tersebut.

Tetapi hal tersebut tidaklah mutlak, Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan bahan yang lembut. Gunakan juga lap berbahan lembut untuk membersihkan wax tersebut pada tahap akhir.

Mudah bukan? Jika Anda masih sulit untuk membersihkan body mobil dengan menggunakan tips diatas. Anda bisa menggunakan salon mobil Dons Car Care yang merupakan penyedia jasa salon mobil mulai dari Interior, Eksterior, Full body, dan Nano Ceramic Coating yang terpercaya dan berpengalaman yang bisa didapatkan dengan harga yang bersahabat.

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: